Selasa, 14 Mei 2013

BERITA KIAMAT TAHUN 2013

BERITA KIAMAT TAHUN 2013


Hari kiamat memang unik, setiap bangsa dan agama bahkan mempunyai versi masing-masing. Pertanyaannya kini adalah kapan terjadinya kiamat tersebut. Apa tahun 2013 benar-benar terjadi kiamat seperti ramalan dari planet Malang Melintang?

Setiap orang boleh-boleh saja memprediksi bahwa akan terjadinya kiamat di tahun 2013 dan telah menjadi bahan pembicaraan setiap orang sekarang ini.  Tapi yang menjadi permasalahan, apakah benar kiamat akan terjadi pada akhir  tahun 2012 seperti yang diramalkan oleh segelintir orang. Apakah ini bukan sekedar spekulasi belaka dengan motif ambisi terhadap uang.

Dibelahan dunia lainnya  mereka membahas prediksi suku Maya yang pernah hidup di selatan Meksiko atau Guatemala tentang kiamat yang bakal terjadi pada 21 Desember 2012. Pada manuskrip peninggalan suku yang dikenal menguasai ilmu falak dan sistem penanggalan ini, disebutkan pada tanggal di atas akan muncul gelombang galaksi yang besar sehingga mengakibatkan terhentinya semua kegiatan di muka Bumi ini.

Di luar ramalan suku Maya yang belum diketahui dasar perhitungannya, fenomena yang dapat diprakirakan kemunculannya pada sekitar tahun 2011-2012 adalah badai Matahari. Badai Matahari terjadi terjadi ketika muncul flare dan Coronal Mass Ejection (CME). Flare adalah ledakan besar di atmosfer Matahari yang dayanya setara dengan 66 juta kali ledakan bom atom Hiroshima. Adapun CME merupakan ledakan sangat besar yang menyebabkan lontaran partikel berkecepatan 400 kilometer per detik.

Gangguan cuaca Matahari ini dapat memengaruhi kondisi muatan antariksa hingga memengaruhi magnet Bumi, selanjutnya berdampak pada sistem kelistrikan, transportasi yang mengandalkan satelit navigasi global positioning system (GPS) dan sistem komunikasi yang menggunakan satelit komunikasi dan gelombang frekuensi tinggi (HF), serta dapat membahayakan kehidupan atau kesehatan manusia. Karena gangguan magnet Bumi, pengguna alat pacu jantung dapat mengalami gangguan yang berarti.

Penerbangan dan pelayaran yang mengandalkan satelit GPS sebagai sistem navigasi hendaknya menggunakan sistem manual ketika badai antariksa terjadi, dalam memandu tinggal landas atau pendaratan pesawat terbang. Kita ketahui Perubahan densitas elektron akibat cuaca antariksa, dapat mengubah kecepatan gelombang radio ketika melewati ionosfer sehingga menimbulkan delai propagasi pada sinyal GPS.

Perubahan ini mengakibatkan penyimpangan pada penentuan jarak dan posisi dimana komponen mikroelektronika pada satelit navigasi dan komunikasi akan mengalami kerusakan sehingga mengalami percepatan masa pakai, sehingga bisa tak berfungsi lagi.

Isu kiamat pada akhir 2012 adalah pseudoscience (tidak mengikuti metode ilmiah). Ada yang mengaitkannya dengan kemunculan Planet Nibiru, ada juga komet besar, yang secara astronomi sebetulnya tidak eksis. Dampaknya adalah dapat merusak satelit, alat komunikasi, dan kelistrikan di bumi. Lontaran partikel miliaran ton juga bisa memengaruhi pola medan magnet di bumi. Artikel pada suatu jurnal di Jerman menyebutkan bahwa burung dara terganggu karena mereka memiliki navigasi yang terkait medan magnet di bumi.
Gelombang radio tinggi pun putus aktivitas yang unik pada matahari kerap menjadi bahan menarik untuk film sains fiksi seperti  film  kiamat 2012 menjadi sumber petaka. Pada Neutrinos yang muncul dari matahari, tidak perlu harus ketika badai. Tidak seperti di film, materi yang tidak bermuatan dan tidak bermassa dan ditangkap di tanah ini semestinya tidak sampai mendidihkan magma.

Anda semua tahukan bahwa fungsi dari Global Positioning System (GPS) sejatinya digunakan untuk membantu user dalam menentukan arah dan lokasi yang dituju. Namun ketika badai matahari melanda, sebaiknya jangan gunakan alat ini karena arah yang direkomendasikan malah bisa kacau balau.
Cara GPS bekerja adalah dengan mentransmisikan gelombang radio dari satelit ke penerima di bumi, pesawat udara, dan satelit lain. Sinyal radio ini digunakan untuk menghitung posisi dengan sangat akurat. Namun karena badai matahari kinerja GPS menjadi tidak akurat, karena terkena imbas badai matahari yang mengakibatkan gangguan jaringan satelit dan kelistrikan.

Sekitar tahun 2012-2013 nanti akan terjadi tingkat aktivitas matahari akan mencapai puncaknya sehingga memicu terjadinya cuaca ekstrem. Ini merupakan siklus matahari yang biasa terjadi rata-rata 11 tahun sekali. lembaga antariksa NASA bahkan sampai turun tangan dan membantah klaim kiamat bakal terjadi tahun 2012. Mereka juga menyayangkan adanya film 2012 berikut situs promosinya yang bikin cemas masyarakat.
Data terakhir dari para ilmuwan di Meksiko tentang prasasti Suku Maya yang memperkuat ramalan akan terjadinya kiamat pada akhir 2012. Para ilmuwan pernah menemukan prasasti Suku Maya di situs Tortuguero di teluk Tabasco yang sempat menggegerkan dunia karena prasasti itu berisi ramalan terjadinya kiamat pada 2012. Hari kiamat yang berdasarkan interpretasi beberapa kalangan tertera di prasasti itu terkait dengan Bolon Yokte, dewa misterius Suku Maya yang dihubungkan dengan perang dan penciptaan.
Anda semua tahukan bahwa prasasti dari Tortuguero merupakan satu-satunya rujukan tentang kiamat 2012. Namun kini, National Institute of Antropology and History di Meksiko mengumumkan bahwa sebenarnya ada satu lagi prasasti yang diperkirakan merujuk pada kiamat 2012. Prasasti itu ditemukan beberapa tahun lalu di situs Comalcalco, sebelah barat Tabasco.

Kiamat 2012 yang dikaitkan dengan Suku Maya adalah interpretasi yang kurang tepat. Suku Maya hanya memandang dunia ini sebagai sebuah siklus, berawal dan berakhir secara berkala, bukan seperti pandangan awam bahwa dunia nantinya akan benar-benar berakhir.

Menurut gosip bahwa Orang Maya percaya bahwa semua benda angkasa pada galaksi setelah selesai mengalami reaksi dari sinar galaksi dalam siklus besar ini, akan terjadi perubahan secara total, orang Maya menyebutnya, penyelarasan galaksi (Galatic Synchronization). Pertanyaan kita apa benar pada tanggal 31 Desember 2012 akan menjadi hari berakhirnya peradaban umat manusia seperti dalam perhitungan kalender suku Maya.

ads

Ditulis Oleh : Sudirman Suharto Hari: 18.50 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar