Selasa, 14 Mei 2013

Arsenal Seret Jawara Piala FA Turun Kasta

Rabu, 15 Mei 2013 03:09 wib
Dua gol Lukas Josef Podolski (kiri) turut memastikan Wigan 
Athletic turun kasta dari Premier League (Foto: Reuters)
Dua gol Lukas Josef Podolski (kiri) turut memastikan Wigan Athletic turun kasta dari Premier League (Foto: Reuters
LONDON – Seantero publik Emirates Stadium memberi lambaian tangan tanda perpisahan pada Wigan Athletic. Ya, kampiun FA Cup musim ini dipastikan terperosok ke zona degradasi, usai dihancurkan tuan rumah Arsenal, 4-1 di matchday ke-37 dini hari tadi.

Dengan begitu, Wigan tak lagi punya kans untuk menyelamatkan diri dari zona merah lantaran defisit empat poin dari Sunderland yang nyaman di peringkat ke-17 dengan satu laga tersisa. Wigan resmi menemani Reading dan Queens Park Rangers ke kasta kedua, divisi Championships, musim depan.

Adapun Arsenal, kembali merebut habitatnya lagi di jajaran Big Four. Berbeda satu poin dari Tottenham Hotspur yang mesti lengser lagi ke posisi lima, tim Meriam London masih punya satu partai tersisa untuk mengamankan satu tiket kualifikasi Liga Champions edisi musim depan.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama
Arsenal memulai tekanan sejak awal dan memperoleh kans pertama di menit keempat. Theo Walcott yang melepaskan diri dari penjagaan dua bek Wigan, melayangkan crossing ke jantung pertahanan tim tamu. Tapi sambutan kepala Santiago Cazorla, hanya mengarahkan bola melebar dari gawang.

Tuan rumah ternyata tak butuh waktu lama untuk membuka keunggulan. Pada menit ke-11, tandukan Lukas Podolski mengubah papan skor Emirates Stadium, 1-0, usai memanfaatkan umpan lambung Cazorla tanpa kawalan.

Memasuki menit ke-39, terjadi scrimmage di kotak penalti tim tamu. Bek-bek Wigan terlalu sibuk mengawal Per Mertesacker dan membiarkan Laurent Koscielny tanpa penjagaan. Sayang, finishing Koscielny melebar.

Arsenal tiba-tiba dihentak gol balasan Wigan di penghujung babak pertama, tepatnya di menit ke-45. Lewat sebuah tendangan bebas, Shaun Maloney menaklukkan Wojciech Szczesny. Skor 1-1 tetap bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua
Wigan yang butuh kemenangan untuk menjaga peluang bertahan di Premier League, mencuri serangan “fajar” di babak kedua. Arouna Koné mengancam setelah bekerja sama dengan Róger Espinoza dan Callum McManaman. Beruntung, Szczesny sigap menyelamatkan gawangnya di menit ke-48.

The Gunners kembali merebut tekanan dan di menit ke-51, gawang tuan rumah terancam dua kali sebelum diselamatkan Joel Robles, dua kali pula dari teror Walcott. Tapi jaring Wigan bergetar lagi di menit ke-63.

Gol kedua Arsenal diciptakan Walcott usai memanfaatkan umpan silang Cazorla. Stand, 2-1 untuk Arsenal. Nasib The Latics pun kian kelabu. Menginjak menit ke-48, Podolski mencetak gol keduanya dengan memanfaatkan pantulan kepala Cazorla. Tak terkawal, Prinz Poldi dengan mudah memperdaya Joel Robles. Kedudukan pun kian lebar, 3-1 untuk tuan rumah.

Aaron Ramsey bak menambah cairan asam ke luka Wigan di menit ke-71. Mendapat through-pass Cazorla dari sisi kanan pertahanan Wigan, Ramsey berakselerasi hingga ke muka gawang. Joel pun kembali tak berdaya menghadang sepakan Ramsey. Empat gol berbalas satu sekarang.

Hingga menjelang 45 menit kedua berakhir, tak ada lagi peluang atau gol tercipta. Skor 4-1 untuk Arsenal pun lestari. Meninggalkan ironi untuk Wigan yang mesti terdegradasi walau belum lama ini merengkuh Piala FA musim ini. Sementara Arsenal, sukses kembali menembus empat besar klasemen.

Susunan Pemain
Arsenal: Wojciech Szczesny, Per Mertesacker, Bacary Sagna, Kieran Gibbs, Laurent Koscielny, Tomáš Rosický/Jack Wilshere (78’), Mikel Arteta/Thomas Vermaelen (90+1’), Santiago Cazorla, Aaron Ramsey, Theo Walcott, Lukas Podolski/Alex Oxlade-Chamberlain (78’).

Wigan Athletic: Joel Robles, Emmerson Boyce, Antolín Alcáraz, Paul Scharner, Jordi Gómez/Ben Watson (64’), Róger Espinoza, James McArthur, James McCarthy, Shaun Maloney/Ángelo Henríquez (85’), Arouna Koné, Callum McManaman/Franco Di Santo (58’).
(raw)

ads

Ditulis Oleh : Sudirman Suharto Hari: 18.16 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar